Twitter

Head

Tab 1.1 Tab 1.2 Tab 1.3
Tab 2.1 Tab 2.2 Tab 2.3
Tab 3.1 Tab 3.2 Tab 3.3

Pages

Selasa, 29 Mei 2012

KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER


Berdasarkan Skala, Jaringan Komputer dibagi atas : 

  LAN (Local Area Network)
LAN   adalah jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus, gedung, rumah atau sekolah. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai  kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbit/s. selain teknologi Ethernet, ssat ini teknologi 802.11b (biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat  yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi disebut Hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau computer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dumb terminal. Setiap computer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah di atur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Karakteristik LAN :
1.                   Mempunyai pesat data yang tinggi
2.                   meliputi wilayah yang lebih sempit
3.                   Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

2.      MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi  seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan MAN  antara 10-50 Km, MAN ini merupakan jarigan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor dalam satu kota yang masih dalam jangkauan , yang prinsipnya sama dengan LAN, hanya jaraknya yang lebih luas, yaitu 10-50 Km.
3.      WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar, seperti  jaringan computer antar wilayah, antar kota atau bahka antar Negara, atau dapat pula didefinisikan sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran telekomunikasi public. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan local yang satu dengan yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna computer yang ada di lokasi yang lain

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More